PIKNIK ANTIKLIMAKS (LAGI): BROMO

Saat mendambakan piknik pelepas lara, lelah, gundah gulana, kemudian dengan riang kembali ke kegiatan rutin. Apa yang terjadi jika piknik yang dilakukan ternyata tidak seperti yang diharapkan? Terkadang hal-hal yang remeh-temeh bisa membuat piknik menjadi antiklimaks.

Semisal hujan. Beberapa tahun lalu saya mengikuti prosesi Tri Suci Waisak di candi Mendut dan candi Borobudur. Piknik sambil pacaran, asik benar lah ini tampaknya. Makan siang pun diberkahi oleh pak Polisi yang sedang bertugas. Lumayan diberi nasi kotak gratis dari pak polisi yang sedang membawa ransum untuk para Polisi yang bertugas mengamankan prosesi perayaan waisak kala itu. Semakin sore, semakin tebal awan menghitam. Hujan turun semakin malam semakin deras. Prosesi perayaan yang ditunggu-tunggu kala, pelepasan lampion gagal di gelar karena derasnya hujan. Pulang ke rumah dengan setengah basah, jas hujan pun serasa tak mampu menangkis hujan. Tak ada foto lampion berterbangan di langit malam yang ada hanya foto para anggota Power Ranger dengan kostum berwarna-warni.

575359_10200790130907320_969775929_n
Foto Oleh: Fadhila Admojo

Kali lain adalah saat menemui gunung Bromo. Sudah lewat senja saat tiba di kota Probolinggo. Sama seperti kebanyakan kota lain, semua angkutan umum lenyap saat matahari tertidur. Bukan Bromo yang mengecewakan, bagaimana mungkin Bromo mengecewakan kami? Bukankah Bromo adalah Sang Pencita itu? Bagaimana tak bersyukur sedekat itu dengan Pencintamu? Tapi perilaku para pelaku bisnis pariwisata yang menawarkan jasa untuk membantu menikmati bromo yang mengecewakan. Entah apalah yang mereka lakukan sebenarnya hanya terasa seperti menipu saja, tapi tidak juga. Mungkin kami berharap lebih saja dengan membayar jasa mereka. Namun yang kami dapatkan adalah fasilitas seadanya.

Tak terlalu kecewa lah, mungkin pengalaman sebelumnya dengan piknik antiklimaks membuat saya merasa biasa saja. Nikmati saja, kemudian terbiasa. Masih banyak yang hal yang bisa dinikmati seperti sang Bromo.

20150406_053556
Matahari Terbit
20150406_071835
Kawasan Gunung Bromo
20150406_084429
Gunung Batok
20150406_094729
Bukit Teletabies
20150406_100132
Pasir Berbisik

Banyak-banyak piknik supaya tidak panik jika ada datang pelik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s